Rabu, 04 April 2018

APMI Siap Bangun Wisata Bahari dan Perikanan Lombok Tengah Berkelanjutan



Desember 2017, terdapat sebuah momen penting bagi pembangunan kemaritiman di Kabupaten Lombok Tengah. Ini karena Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) Lombok Tengah resmi hadir menjadi warna baru dalam masyarakat berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan Pusat APMI Nomor 011/SK-1A/005/APMI/XII/2017. Organisasi pemuda bidang kemaritiman untuk wilayah Kabupaten Lombok Tengah ini diketuai oleh Gandi Rifansyah dengan wakil ketua Ali Syadillah, sekretaris Nurmayana, dan bendahara Murahati.

Lombok merupakan daerah wisata yang sangat terkenal, baik di tingkat nasional maupun internasional. Pada 2016 lalu, Pulau Lombok mendapatkan penghargaan sebagai tempat wisata halal nomor satu dunia.  Hamparan pasir putih di pantai selatan bagian Lombok Tengah merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan pantai. Diantara lokasi wisata yang menjadi primadona turis di wilayah tersebut adalah Tanjung Aan, Pantai Gerupuk, Pantai Mawun, Selong Belanak, Batu Payung, Batu Kotak, Pantai Tunak, dan masih banyak tempat-tempat wisata menarik lainnya untuk dikunjungi. Di Lombok Tengah jugalah, terdapat Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang merupakan salah satu ‘New Bali,’ sebuah kawasan strategis pariwisata nasional.


Selain potensi wisatanya, Lombok Tengah juga memiliki perairan yang masih alami. Kondisi kualitas air laut di wilayah ini (perairan Lombok Tengah bagian selatan) masih sesuai dengan standar baku Kementerian Lingkungan Hidup No. 51 Tahun 2004 untuk biota laut. Sehingga tempat ini juga berpotensi sebagai lokasi Keramba Jaring Apung (KJA) di samping karena sebagian besar dari garis pantai Lombok Tengah merupakan perairan teluk. Oleh karena itu, perlu manajemen dan pemberdayaan sumber daya manusia, khususnya pemuda untuk menjaga potensi wisata tersebut supaya dapat dimanfaaatkan secara optimal dan berkelanjutan berbasis riset dan penumbuhan ekonomi lokal. 

APMI Lombok Tengah bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat pesisir dan pengelolaan sumber daya laut guna membangun wisata bahari dan perikanan yang berkelanjutan, dimana bukan hanya memperhatikan aspek ekonomi, tapi juga aspek sosial dan lingkungan. Pemberdayaan masyarakat pesisir ini akan dilakukan melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan kapasitas pemuda dan keluarga nelayan seperti pelatihan, pendampingan, sosialisasi, seminar, dan pendidikan nonformal. Selain itu, APMI Lombok Tengah juga berkomitmen untuk mendukung suksesnya NTB sebagai wisata halal dunia.

APMI Lombok Tengah akan mengadakan kerja sama dengan berbagai media lokal dan nasional seperti TVRI, Suara NTB, Lombok Pos, maritimnews.com, dan pemudamaritim.com untuk publikasi. Dalam penyelenggaraan program, APMI Lombok Tengah akan senantiasa berkoordinasi dan terbuka akan peluang kerja sama dengan Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, Sekretariat Daerah, PT ITDC, dan komunitas-komunitas lingkungan lokal di Lombok Tengah guna membangun wisata bahari dan perikanan secara berkelanjutan.


Sumber: Humas APMI Lombok Tengah