Rabu, 04 April 2018

APMI KOMDA Bengkulu : Mengembalikan Kejayaan Maritim Indonesia Melalui Peran Pemuda di Daerah



Provinsi Bengkulu masih termasuk dalam provinsi yang tertinggal namun memiliki kekayaan yang cukup besar pada sub-sektor perikanan, baik perikanan budidaya maupun perikanan laut. Letak wilayah yang sebagian besar menghadap ke Samudera Hindia menyebabkan Provinsi Bengkulu memiliki luas Laut Teritorial sebesar 53.000 km2 dan luas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE jarak 12 – 200 mil laut dari pantai) mencapai  685.000 km2. Selain itu, garis pantai Bengkulu juga sangat panjang, yaitu mencapai 525 km. Panjangnya garis pantai Provinsi Bengkulu menyediakan banyak spot-spot objek wisata bahari dengan keindahan pemandangan yang bisa diadu dengan objek wisata bahari di provinsi lainnya.

Mengingat pentingnya keterlibatan generasi muda dalam pengeloaan dan pembangunan Provinsi Bengkulu sebagai salah satu daerah strategis kemaritiman di Indonesia,  menjadi keharusan Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) komisariat Bengkulu berdiri dan ikut terlibat dalam berbagai kegiatan pembangunan di provinsi tercinta ini.

Pembentukan Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) komisariat daerah (Komda) Bengkulu muncul di awal tahun 2018. Setelah melewati serangkaian diskusi secara tatap muka dan juga dunia maya, kepengurusan awal APMI Bengkulu baru  dirampungkan pada tanggal 22 Februari 2018. Sebagai Alumni Kelautan IPB, Muhammad Khaisu Sabilillah S.IK diamanahkan sebagai ketua, sementara Jhoni Anggariksa S.IP mendampingi sebagai wakil ketua. Posisi sekretaris dipegang oleh Istiqomah Nurfitri S.E.,M.Sc dan Nella Tri Agustini S.Kel.,M.Si sebagai bendahara. “Kepengurusan ini disahkan melalui Keputusan Pimpinan Pusat Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia Nomor 005/Sk-1b/010/Apmi/Ii/2018 dengan masa pengabdian hingga 2020.

Walaupun berasal dari latar belakang pendidikan dan pengalaman yang beragam, sekumpulan pemuda yang tergabung dalam APMI Komda Bengkulu memiliki ketertarikan dan tekad yang sama untuk meningkatkan potensi maritim di Provinsi Bengkulu demi tercapainya Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Tujuan awal pendirian APMI Komda Bengkulu adalah untuk mengoptimalkan potensi bahari dan maritim, serta memberdayakan masyarakat pesisir di Provinsi Bengkulu melalui kegiatan-kegiatan dan pergerakan positif bersama berbagai komunitas yang ada di Bengkulu. Potensi yang dimiliki oleh Provinsi Bengkulu dalam hal maritim memang masih belum dikelola secara optimal, sehingga belum bisa berdampak kemakmuran bagi masyarakat setempat.

APMI Komda Bengkulu telah merumuskan 2 program kerja utama yang dapat melingkupi tiga sector pengembangan potensi maritim Bengkulu. Kedua program tersebut adalah:
1. Sekolah Anak Pesisir
Program kerja ini berupa kegiatan bermain dan belajar bersama anak-anak nelayan di kampung pesisir Kota Bengkulu setiap satu bulan sekali, di akhir pekan. Target dari kegiatan ini adalah meningkatkan keinginan anak-anak, generasi penerus masyarakat pesisir untuk bersemangat mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dari kegiatan ini, akan diinisiasi pula pembuatan perpustakaan nelayan.



2. Eksplorasi Destinasi Maritim Bengkulu
Program kerja ini berupa destinasi utama wisata bahari, dengan tujuan Pulau Enggano dan Pulau Tikus. Destinasi ini merupakan pusat wisata alam dan edukasi maritim dimana memiliki potensi yang belum maksimal. Padahal, Kedua pulau ini memiliki bentang alam yang indah beserta keanekaragaman hayati yang unik dan langkah, seperti adanya spesies penyu hidup dan bertelur di kedua pulau ini. Sebagai upaya pengembangan destinasi ini, APMI Komda Bengkulu akan secara aktif menyediakan sarana dan prasarana informasi dalam explorasi wisata ini.
Selanjutnya, sebagai asosiasi pemuda yang menaruh fokus besar pada upaya pelestarian dan dedikasi lingkungan maritim, APMI Komda Bengkulu akan menggandeng berbagai komunitas dalam Marine Concervation and Education Program (MCEP)RBDC (Rafflesia Bengkulu Diving Club) dan BSTF (Bengkulu Sea Turtle Foundation) untuk mengkampanyekan dan menyediakan tempat penetasan dalam upaya melindungi dan melestarikan spesies penyu yang ada di Bengkulu.