Rabu, 22 Februari 2017

Temui Ketua MPR, APMI Paparkan Isu Maritim

Assosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) siang tadi menemui Ketua MPR RI Zulkifli Hasan,  pertemuan berlangsung di Gedung Nusantara III, Jakarta (22/2). Kunjungan APMI tersebut dalam rangka silaturahmi sekaligus pemaparan program pada tahun 2017.

“Kami sangat senang melihat pemuda mengusung nama maritim dan konsisten memperjuangkan nelayan. Maka dari itu saya mendukung setiap langkah dan program kerjanya,” ujar Ketua MPR.

Zulikifli memahami nasib nelayan di negeri bahari dan di tengah visi Poros Maritim Dunia saat ini juga tak kunjung membaik. Ia mengimbau kepada APMI untuk terus berusaha demi mensejahterakan nelayan.

“Kita kan Negara Pancasila, di mana ada prinsip semua buat semua. Seluruh SDA kelautan kita tentunya untuk kesejahteraan rakyat. Bukan untuk memperkaya individu atau kelompok tertentu,” tandas mantan Menteri Kehutanan di era SBY tersebut.

Sementara itu, APMI yang dihadiri oleh Ketua Umumnya, Reynaldi Bahri Tambunan dan Sekjen Ahlan Zulfakhri beserta beberapa ketua bidang mengucapkan rasa terima kasihnya karena telah diterima oleh Ketua MPR.

Ahlan menjelaskan latar belakang berdirinya APMI karena melihat keterpurukan maritim Indonesia, yang justru memiliki wilayah 2/3 berupa lautan. “Ini sangat ironis keadaannya ketika di tahun 2013 lalu. Kami bercita-cita untuk mendorong Indonesia sebagai salah satu kekuatan maritim dunia,” terang Ahlan.

Lulusan Perkapalan Undip itu selanjutnya memaparkan program APMI 2017 yang di antaranya ada penyelenggaraan event lomba desain Indonesia Maritime Youth Week (IMYW), infografis serta gagasan atau essai. Kegiatan IMYW sendiri akan dilaksanakan di 8 kota/kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

“Event ini juga dalam rangka memperingati Hari Nelayan 2017 yang jatuh pada 6 April mendatang,” tambahnya.

Dalam event itu, APMI secara terbuka mengundang Ketua MPR untuk bersilaturahmi dengan para nelayan di Jawa Tengah. Undangan itu pun mendapat respons yang positif dari Zulkifli Hasan mengingat dirinya juga memiliki komitmen yang sama dalam memperjuangkan nasib nelayan.

Dalam kesempatan itu, Ketua MPR RI juga didaulat sebagai Dewan Pembina APMI bersama beberapa tokoh lainnya. Baginya berjuang bersama anak-anak muda ini akan semakin merealisasikan visi Poros Maritim Dunia.

Acara tersebut ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah, serta penyerahan buku berjudul ‘28 Pemikiran Kritis Pemuda Maritim’ yang merupakan buah gagasan anggota APMI se-Indonesia dalam memajukan maritim nasional.


sumber: maritimnews.com