Selasa, 12 April 2016

APMI Hadiri acara OISAA (Simposium PPI Asia – Oseania 2016) dengan tema Kemaritiman di Hongkong


Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) menghadiri  undangan sebagai tamu  VIP dalam acara Simposium PPI Asia Oseania 2016 di Hong Kong  yang diselenggarakan oleh PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia Asia – Oseania). Dimana tema dari kegiatan tersebut adalah Kemaritiman Indonesia menuju poros kekuatan maritim dunia.

Acara tersebut diselenggarakan selama 3 hari yakni dimulai pada tanggal 8 April sampai dengan 10 April bertempat di Hong Kong University. Acara hari pertama dimulai dengan Rapat Kerja PPI Cabang Tiongkok. Keesokan harinya adalah acara inti yaitu Simposium dan Seminar Kemaritiman, dan pada hari terakhir ditutup dengan rapat kerja PPI Asia – Oseania.

Dalam acara tersebut APMI mengirimkan 2 wakilnya yaitu Dwitya Harits Waskito (Anggota Hubungan Luar Negeri APMI) dan Asep Akmal Aonullah (Koordinator Bidang SDM APMI) dan dalam kesempatan tersebut APMI juga memberikan Buku 28 Gagasan Kritis Pemuda Maritim kepada  Soegeng Raharjo sebagai Duta Besar Luar Biasa Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok , Chalief Akbar sebagai Konsulat Jenderal Republik Indonesia Hong Kong dan Macau , serta Ibu Ratu SIlvy Gayatri sebagai Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Guangzhou.

Agenda acara pada tanggal 9 April adalah Seminar 3 Panel Kemaritiman , Sambutan dari Duta Besar Luar Biasa, Keynote Speech, Presentasi dari para pemenang Call for Speakers, dan networking Dinner. Turut hadir juga Arif Havas Oegroseno sebagai Deputi 1 Kedaulatan Maritim Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman  untuk memberikan keynote speech untuk membuka acara tersebut.

Sesi Panelis pertama  membahas mengenai Kedaulatan Maritim Indonesia , dalam sesi tersebut pembicara yang mengisi panel tersebut adalah Ibu Chandra Motik sebagai Ahli Hukum Maritim dan Profesor Josaphat Tetuko sebagai professor penelitian dalam bidang radar di University of Chiba. Sedangkan Dalam sesi kedua , pembahasan di bidang Pariwisata dan lingkungan turut hadir Cipto Aji Gunawan sebagai perwakilan dari Kementerian Pariwisata, I Wayan Veda Santiaji sebagai Perwakilan dari WWF, dan Asep Akmal Aonullah sebagai perwakilan dari APMI. Sedangkan pada sesi panel terakhir, tema yang dibahas adalah mengenai Ekonomi dalam Kemaritiman Indonesia.  Panel diisi oleh Yugi Prayanto sebagai Wakil Ketua Umum Kadin bidang Kelautan dan Perikanan, Rodhial Huda , dan Profesor Jamaludin Jompa sebagai Dekan dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanudin. Acara ditutup dengan networking dinner dan Pagelaran seni.